Tuesday, April 11, 2017

Pengertian Dan Arti Penting Globalisasi


A.Makna Globalisasi
        Globalisasi berasal dari kata "globe" yg berarti dunia.makna globalisasi proses mendunia ,menuju satu dunia.Dalam kamus baahasa inggris global diartikan sebagai conserning the whole earth maksudnya sesuatu yg berkaitan dengan dunia internasional atau seluruh dunia. Sesuatu bisa berupa masalah, kejadian,kegiatan atau sikap yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yg sangat komplek dan luas.
Beberapa pendapat yg dikemukakan para ahli tentang pengertian "globalisasi"
1.Prof. Dr . Mubyarto
   Globalisasi mempunyai 2 pengertian :
a) sebagai diskriptif / definisi yaitu proses menyatukan pasar dunia menjadi 1 pasar tunggal.
b) sebagai "obat kuat" yg menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.
2. Prijino Tjibto Herjanto
     Globalisasi adalah suatu pengertian ketiadaan batas antar negara. Bahwa suatu negara (etate) tidak dapat membendung "seauatu" yg terjadi di negara lain.
3.  Martin Albrown
     Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal,komunitas global.
        
      Pengertian globalisasi yg dikemukakan para ahli dari disiplin ilmu yg berbeda beda,sudut pandang dan pendekatan yg beragam.Globalisasi merupakan fenomena yg kompleks.
       Globalisasi dapat diartikan sebagai tindakan mendunia. Artinya, dunia begitu luas dan jarak antar negara yg begitu jauh,kini dikerutkan atau dibuat seakan akan menjadi kecil.seolah olah tidak ada lagi batas batas geografis antar negara yg satu dengan negara yg lain.
     Globalisasi ialah suatu proses dimana perdagangan,infornasi dan budaya semakin bergerak melintas batas negara.
B. Arti Penting Globalisasi Bagi Indonesia
Beberapa Arti Penting Globalisasi Bagi Indonesia :
¤    Dalam bidang ekomomi globalisasi berperan membuks jaringan pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri. Berbagai kekayaan alam indonesia dengan mudah dapat di ekspor ke berbagai negeri sebaliknya produk luar negeri dengan mudah ditemukan di indonesia
¤     Dalam Bidang Politik.Memungkinkan indonesia menjadi bagian dari perkembangan politik global.
¤     Dalam Bidang pendidikan. Menyamaratakan penyebaran ilmu pengetahuan di seluruh indonesia dengan cepat.
    Globalisasi mempunyai arti sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan indonesia.dapat membuka diri dengan negara lain sehingga mengetahui posisi negara indonesia di banding dengan negara lain di dunia. Mengetahui kekurangan kekurangan sehingga dapat memperbaiki diri dengan belajar dari negara lain yg lebih maju.sebagai bangsa indonesia harus tetap berpengaruh teguh pada nilai nilai pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yg digali dr bumu pancasila.
Sekian Terima kasih dah visit blog saya.

No comments:

Post a Comment